Rabu, 04 Oktober 2023

Asam Folat Untuk Ibu Hamil: Makanan Penting Selama Fase Kehamilan





Salah satu nutrisi yang sangat penting selama fase kehamilan adalah  asam folat untuk ibu hamil, atau biasa juga dikenal sebagai vitamin B9. 

Sebab asam folat ini sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam mencegah kelainan saraf, pembentukan sel, serta pertumbuhan janin. 

Sumber Alami Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Adapun berbagai makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil ini, bisa sahabat MAKUKU lihat di bawah ini. 

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kale, bayam, dan collard greens adalah salah satu sumber asam folat alami yang terbaik.

Sayuran ini juga mengandung nutrisi penting lainnya, yang dibutuhkan saat sedang hamil, meliputi serat, zat besi dan kalsium.

Anda bisa menambahkan sayuran berdaun hijau ini, dalam sajian tumisan atau salad, sebagai cara yang lezat untuk memenuhi kebutuhan asam folat Anda. 

Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Berbagai macam biji-bijian seperti oatmeal dan roti gandum utuh merupakan sumber alami yang kaya akan asam folat. Begitu juga dengan kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang polong, dan kacang kedelai mengandung asam folat didalamnya. 

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mendatangkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Dengan terkandung lemak sehat, serat dan asam folat didalamnya, buah ini dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil. 

Buah Jeruk

Selain mengandung vitamin C, buah jeruk juga diperkaya dengan kandungan asam folat. Buah ini akan membantu penyerapan zat besi dan nutrisi lain yang penting selama fase kehamilan. 

Telur

Telur merupakan sumber asam folat yang mudah didapatkan, dan dapat digunakan dalam aneka hidangan sehari-hari. Pastikan saja Anda memasak telurnya hingga matang, agar bisa terhindar dari resiko infeksi makanan. 

Jagung Manis 

Jagung manis juga merupakan salah satu sumber alami dengan rasa yang lezat. Anda dapat memasak jagung manis ini dalam hidangan seperti salad ataupun sop. 

Dengan memasukan berbagai makanan yang mengandung asam folat bagi ibu hamil ini kedalam menu sehari-hari, dapat dipastikan Anda dan bayi akan mendapatkan nutrisi yang diperlukan selama fase kehamilan. 

0 komentar:

Posting Komentar