Senin, 28 Agustus 2023

Bayi 4 Bulan Bisa Apa? Ini Perkembangan Motorik dan Keterampilannya







Setiap bulan usia bayi mencapai milestone (tahapan perkembangan) yang sangat penting dalam hidup, termasuk ketika usia 4 bulan. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui bayi 4 bulan bisa apa. Pasalnya di samping berat dan panjang badan, bayi 4 bulan mengalami perkembangan motorik dan memiliki banyak keterampilan baru. Simak di sini untuk informasi selengkapnya!

Perkembangan Motorik dan Keterampilan Bayi 4 Bulan

Langsung saja, berikut ini adalah perkembangan dan keterampilan dari bayi 4 bulan:

1. Ketangkasan Tangan

Bayi usia 4 bulan sudah dapat melakukan banyak hal dengan tangannya. Mulai dari menggerakkan hingga menggoyang-goyangkan mainan. Bahkan beberapa bayi dapat menggenggam menggunakan tiga jari. Meskipun gerakannya belum terarah. 

2. Kekuatan Kepala dan Tubuh

Kontrol kepala dari bayi umumnya juga semakin baik. Jika Anda mendudukkan Si Kecil, maka kepalanya sudah bisa tegak. Selain itu, Si Kecil juga bisa menahan kepala dan dadanya tetap terangkat saat tengkurap. Beberapa bayi bahkan sudah bisa berguling dari posisi terlentang ke tengkurap atau sebaliknya.

3. Pengekspresian Diri

Di usia 4 bulan bayi mulai sadar bahwa orang akan memberikan respon pada tindakannya. Misalnya saat menangis akan ada orang yang mendatanginya, saat mainannya jatuh akan ada yang mengambilnya, dan lain sebagainya. Banyak ekspresi yang bisa dikeluarkan seperti senang, bosan, terkejut, marah, takut, dan lain-lain.

4. Penglihatan Tajam

Si Kecil sudah memiliki penglihatan yang lebih tajam dibandingkan dengan usia sebelumnya. Di usia ini, Si Kecil mampu membedakan warna kontras yang lebih halus dan terlihat sama. Misalnya seperti merah dan oranye. Bayi juga bisa melihat benda di seberangan ruangan karena jarak pandangnya meningkat menjadi sekitar 20-25 cm.

Nah, itulah tahapan perkembangan motorik dan keterampilan yang bisa menjawab pertanyaan bayi 4 bulan bisa apa. Selain itu, Anda perlu memberikan yang terbaik untuk Si Kecil. Mulai dari makanan atau sumber nutrisi, stimulasi, hingga popok yang dipakai sehari-hari.

Gunakan MAKUKU SAP Diapers Pro Care untuk membantu Si Kecil aktif bergerak. Popok dengan struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) ini sangat tipis namun mampu menampung banyak cairan. Selain itu, permukaannya juga lembut dan anti ruam, jadi bayi aman. Dapatkan MAKUKU SAP Diapers Pro Care sekarang juga!.

0 komentar:

Posting Komentar